Breaking News

Wakil Ketua DPRD Muaro Jambi Bacakan Pesan Pahlawan

 

MUARO JAMBI- Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi bersama Forkompinda Kabupaten Muaro Jambi menggelar Upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November Tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Bupati Muaro Jambi, Sengeti Bukit Cinto Kenang itu dipimpin langsung oleh inspektur upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono, S.Sos., MT.

Hadir dalam kegiatan itu Forkopimda, Asisten Bupati Muaro Jambi, Staf Ahli Bupati Muaro Jambi serta Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, juga pegawai ASN dan Non ASN lingkungan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam peringatan tersebut, wakil Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi, Junaidi ikut menjadi petugas. Dirinya bertugas membacakan pesan dari pahlawan. Adapun pesan dari pahlawan tersebut adalah sebagai berikut.

“Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncang dunia,” kemudian bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka,” ungkap Junaidi membacakan pesan pahlawan Nasional Ir. Soekarno.

Kemudian Junaidi juga membacakan pesan dari pahlawan Nasional Bung Tomo yang mana pesannya berbunyi”selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih merah dan putih maka selama itu tidak akan kita mau menyerah kepada siapapun juga” ungkapan itu disampaikan bung Tomo di radio pada saat pertempuran menghadapi Inggris di Surabaya pada November 1945.

Selanjutnya Junaedi juga membacakan pesan pahlawan nasional jenderal Sudirman dengan bunyi “tempat saya yang terbaik adalah di tengah-tengah anak buah. Saya akan meneruskan perjuangan. Met of zunder pemerintah TNI akan berjuang terus,” ungkapan itu disampaikan pada jam-jam terakhir sebelum jatuhnya Yogyakarta dan jenderal Sudirman dalam keadaan sakit ketika menjawab pernyataan presiden yang menasehatinya supaya tetap tinggal di kota untuk dirawat sakitnya.

Dia juga membacakan pesan pahlawan nasional Pattimura dengan bunyi “Pattimura-Pattimura tua boleh dihancurkan. Tapi kelak Pattimura Pattimura muda akan bangkit,”. Pesan itu disampaikan pada saat akan digantung di kota Ambon tanggal 16 desember 1817.

Dalam kesempatan itu Junaidi juga membacakan pesan pahlawan nasional dari Aceh Tjut Nyak Dien yang mana pesannya berbunyi “kita tidak akan menang bila kita masih terus mengingat semua kesalahan.

Itulah 5 pesan dari pahlawan nasional yang dibacakan oleh Junaidi selaku wakil ketua I DPRD Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam upacara tersebut, Budhi Hartono membacakan sambutan resmi Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam sambutannya menyebut jika tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 ini adalah Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.

Katanya, tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” kata Budhi Hartono.

Menurut dia, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

Katanya, para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

Pada upacara yang dirangkaikan dengan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan, pembacaan teks Pancasila dan Undang Undang Dasar Tahun 1945, juga dibacakan penyampaian pesan dan kesan oleh para pahlawan nasional antara lain Jendral Soedirman, Ir. Soekarno, Muh. Hatta.

Selain itu, dirinya juga menyerahkan bantuan sosial kepada veteran dan juga keluarga veteran yang ada di Muaro Jambi. (asz)

 

0 Komentar

© Copyright 2022 - Bos News