Breaking News

Waspadai Terjadi Bencana, Pemkab Muaro Jambi Bentuk Tim Teknis Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana

 

BOSNEWS.ID, MUARO JAMBI - Kondisi geografis dan demografis Kabupaten Muaro Jambi termasuk daerah rawan bencana, terutama bencana kebakaran hutan dan lahan, tanah longsor, banjir, puting beliung serta potensi konflik sosial, wabah penyakit dan sebagainya yang dapat berdampak pada tatanan kehidupan masyarakat dan pemerintah, baik bersifat fisik maupun non fisik serta kerusakan lingkungan kerugian harta benda, dampak psikologi dan korban jiwa.

Sekda Muaro Jambi, Budhi Hartono menyampaikan berbagai kejadian bencana telah terjadi di wilayah Kabupaten Muaro Jambi, baik yang berdampak pada kerusakan dan kerugian serta dampak sosial ekonomi yang perlu dilakukan penanganannya.

Untuk itu, kata Sekda, penyelenggaraan penanggulangan bencana telah dilakukan melalui beberapa program kegiatan baik melalui dukungan dan APBD dan Dana Pusat.

"Hal itu merupakan upaya kita dalam mewujudkan tujuan dari penanggulangan bencana sebagaimana diamanatkan pada undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana di atas,"Ujar Sekda Budhi Hartono.

Dalam hal penyelenggaraan kegiatan penanganan pasca bencana, sangat diperlukan koordinasi dan sinergi antara instansi terkait, serta adanya satu persepsi dan pemahaman agar tidak terjadi tumpang tindih urusan kewenangan dalam penyelenggaraan kegiatan.

"Maka untuk memantapkan pemahaman tentang penyelenggaraan penanganan pasca bencana saat sangat perlu dilakukannya kegiatan bimbingan teknis, kajian kebutuhan pasca bencana terutama Bagi unsur aparatur pada dinas instansi terkait di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Muaro Jambi," harap Sekda.

Sekda menyebutkan, setelah kegiatan bimbingan teknis yang digelar selama Dua hari di V Hotel Kota Jambi, Pemkab akan membentuk tim teknis pengkajian kebutuhan pasca bencana dan penyusunan rencana rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana Kabupaten Muaro Jambi.

"Nantinya diharapkan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya serta bekerja sama dan bersinergi dengan baik," sebutnya.

Kepada seluruh peserta, Saya harap agar dapat memanfaatkan momen bimbingan teknis ini dan bersungguh-sungguh dalam mengikutinya dengan sebaik mungkin, sehingga apa yang diharapkan dari kegiatan ini dapat tercapai. 

"Dan kegiatan penyelenggaraan penanggulangan bencana khususnya pada penanganan pasca bencana di wilayah Kabupaten Muaro Jambi dapat lebih baik kedepannya,” tukasnya. (asz)

 

0 Komentar

© Copyright 2022 - Bos News