Breaking News

Pemkab Muaro Jambi Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

 


BOSNEWS.ID, MUARO JAMBI - Dalam rangka puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Muaro Jambi di TPS3SR KSM Sukses Bersama, JL. Lintas Pertamina, Sungai Sungai Serandi RT. 015 Desa Kebun IX   Sungai Gelam, Muaro Jambi, Kamis (22/6).

Kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di awali dengan penanaman pohon oleh Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah SH., MH., di dampingi ketua TP PKK Kabupaten Muaro Jambi Faradilah Zahara,  dan Sekretaris Daerah Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono, S. Sos., MT.,  serta diikuti oleh Forkopimdah Kabupaten Muaro Jambi dan dilanjutkan dengan melihat Stand Pelayanan, Rekam KTP, KIA, Akte pelayanan Perizinan, Kesehatan dan Sunat Masal yang turut memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam kesempatan tersebut penjabat Bupati Bachyuni Drliansyah juga menyerahkan secara simbolis  bantuan alat kebersihan betupa Motor  Roda Tiga dan membagikan Hadiah Video Pendek, Fotograpi, Artikel Ilmiah dan Desain Poster kepada pemenang lomba

"Melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, Menyerukan semua stakeholder, untuk bersama-sama menemukan dan memperjuangkan solusi untuk polusi sampah plastik ini," ucap Pj. Bupati dalam sambutannya.

Pj. Bupati juga memberikan arahan bahwa masyarakat di Kabupaten Muaro Jambi untuk  terlibat secara aktif dalam penanganan sampah. Harap Bachyuni.

Dengan mengusung tema "Solusi untuk Polusi Sampah Plastik" merupakan bagian dari upaya penanganan sampah utamanya polusi plastik.

"Kegiatan ini melibatkan banyak instansi, kolaborasi yang baik. OPD lain patut mencontoh kegiatan ini," kata Bachyuni Deliansyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi Evi Sahrul dalam sambutannya menyebut jika kegiatan ini beririsan dengan kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian, Provinsi Jambi dan sekarang tingkat Kabupaten.

Kegiatan tahun ini mengangkat tema solusi untuk sampah plastik dengan semangat, ayo kendalikan sampah plastik. Katanya, kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat termasuk kita mengenai pentingnya menjaga dan mengatasi permasalahan lingkungan untuk kehidupan yang berkelanjutan.

Kampanyekan sampah plastik harus dimulai dari kita masing-masing individu dengan memulai mengurangi penggunaan barang sekali pakai seperti kantong kresek pipet air minum kemasan dan lain-lainnya.  

Jargon buanglah sampah pada tempatnya harus segera kita rubah dengan mengumandangkan jargon-jargon baru seperti pilahlah sampah pada tempatnya kemudian sampahmu tanggung jawabmu atau sampahku menjadi tanggung jawabku

"Kita yakin 10 tahun 20 tahun ke depan anak-anak kita akan menjadi kekuatan besar yang akan mendorong perubahan besar terhadap lingkungan," kata Evi Sahrul.

Katanya, kegiatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat Kabupaten Muaro Jambi ini dilaksanakan dengan beberapa rangkaian kegiatan yang pertama meliputi perlombaan kita laksanakan lomba video pendek untuk tingkat mahasiswa dan pelajar kemudian ada lomba foto tingkat mahasiswa dan pelajar kemudian ada lomba desain baliho untuk tingkat mahasiswa belajar dan satu lagi lomba artikel ilmiah.

Lomba dilaksanakan sejak tanggal 25 Mei 2023 sampai dengan 15 Juni 2023 pelaksanaan lomba ini berkat kerja sama dari berbagai pihak.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan kepada kelompok swadaya masyarakat TPS 3M berupa kendaraan roda tiga untuk para pemenang nanti akan diberikan hadiah dan uang pembinaan. Pengurangan sampah di Kabupaten Muaro Jambi dilakukan oleh mereka kita berharap target pengurangan sampah mencapai 250 persen dapat kita lakukan di seputar dan wilayah perkotaan Kabupaten Jambi.

"Sehingga nanti sampah yang diangkut ke TPA Bukit Baling itu jumlahnya di bawah 25 persen dari tumpukan sampah," ungkapnya. (Asz)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Bos News